IHT: Implementasi Kurikulum Merdeka



Pada tanggal 3 Juni 2023, saya memiliki kesempatan luar biasa menjadi narasumber dalam In House Training (IHT) dengan tema "Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka" yang diselenggarakan oleh SDN 016 Balikpapan Utara. Acara ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah. Saya merasa sangat terhormat dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan konsep pendidikan terbaru ini.

Selama IHT, saya berfokus pada konsep-konsep utama dalam Kurikulum Merdeka dan bagaimana mereka dapat diintegrasikan ke dalam modul ajar. Saya juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana merancang materi pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan memotivasi siswa untuk aktif belajar. Para guru di SDN 016 sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini, mereka ingin memahami cara terbaik untuk mengadopsi Kurikulum Merdeka dalam pengajaran mereka.



Salah satu momen yang sangat memuaskan adalah ketika beberapa guru berbagi ide-ide kreatif mereka tentang bagaimana mengembangkan modul ajar yang menarik dan efektif. Kami juga melakukan diskusi kelompok kecil untuk merancang modul ajar sederhana sebagai latihan, dan hasilnya sangat menginspirasi. Itu membuktikan bahwa guru-guru di SDN 016 memiliki potensi besar untuk menciptakan pembelajaran yang berarti bagi siswa mereka.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan senang bisa berkontribusi pada pengembangan pendidikan di SDN 016 Balikpapan Utara. Saya yakin bahwa dengan semangat dan kerja keras bersama, guru-guru di sana akan mampu menghadirkan pengajaran yang lebih baik dan lebih relevan sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif