IHT: Belajar Bareng Guru Kampung Baru Ujung

Pada tanggal 7 Oktober 2023, saya memiliki kesempatan luar biasa untuk menjadi narasumber dalam acara In House Training (IHT) yang diadakan oleh SDN 001 Balikpapan Barat dengan tema "Praktik Asesmen dalam Kurikulum Merdeka." Saya sangat antusias dan bersemangat untuk berbagi pengalaman serta praktik penerapan asesmen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam konteks Kurikulum Merdeka. 

Saat memulai sesi pertama, saya memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep asesmen dalam konteks Kurikulum Merdeka yang memberikan lebih banyak kreativitas dan fleksibilitas dalam pendekatan pembelajaran dan penilaian. Saya menyoroti pentingnya penerapan asesmen berbasis TIK untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh yang masih relevan.

Dalam sesi kedua, saya berbagi contoh konkret dari praktik asesmen berbasis TIK yang telah saya terapkan dalam pengajaran saya. Saya menjelaskan bagaimana menggunakan berbagai alat dan platform TIK untuk membuat kuis online, tugas daring yang menarik, serta ujian berbasis komputer. Guru-guru di SDN 001 Balikpapan Barat sangat berpartisipasi dan bertanya banyak, mengungkapkan minat mereka dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Pada sesi ketiga, kami menjelajahi kendala yang mungkin dihadapi saat menerapkan asesmen berbasis TIK, seperti keterbatasan aksesibilitas atau masalah teknis yang mungkin muncul. Kami membahas solusi-solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala tersebut dan juga pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa untuk membantu perkembangan mereka.

Saat IHT berakhir, suasana penuh semangat dan inspirasi terasa begitu kuat. Guru-guru di SDN 001 Balikpapan Barat merasa lebih siap dan termotivasi untuk menerapkan praktik asesmen berbasis TIK dalam Kurikulum Merdeka. Saya merasa bangga dan terhormat dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut, dan saya berharap pengalaman saya sebagai narasumber bisa memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan pendidikan di sekolah tersebut. 

@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif