Belajar KEREN dengan Video Pembelajaran MIKiR

 


Pembelajaran yang saya lakukan di kelas dilaksanakan dengan Merdeka Belajar, Keberpihakan pada Peserta Didik, dan Terdiferensiasi. Salah satu cara mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut adalah dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Saya sebagai Pendidik bersama Peserta Didik melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang KEREN: “Kreatif, Relevan, dan Menyenangkan”.
  1. Kreatif. Kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila, salah satunya ialah kreatif. Peserta didik mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. 
  2. Relevan. Pembelajaran yang terkait dan berguna secara langsung dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Menyenangkan. Pembelajaran dilaksanakan dengan menyenangkan dan nyaman untuk peserta didik, memanfaatkan secara positif media-media yang kekinian dan sesuai dengan kemajuan zaman.
Dalam mewujudkan Belajar KEREN tersebut saya membuat video pembelajaran MiKIR yang dapat diikuti oleh peserta didik saya. MIKiR merupakan unsur dari pembelajaran aktif yang dikenalkan oleh Tanoto Foundation kepada berbagai sekolah mitra Tanoto Foundation. MIKIR merupakan akronim dari mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi. Pendekatan ini diharapkan memampukan peserta didik untuk lebih kreatif, mampu berkolaborasi dalam tim, dan kritis selama pembelajaran berlangsung.

Peserta didik saya dalam mengikuti video pembelajaran MIKiR yang saya buat, tidak hanya mendapatkan materi pelajaran tetapi mereka juga dapat melakukan berbagai kegiatan dengan mengerjakan LKPD yang saya tampilkan di video.

Video Pembelajaran MIKiR yang saya buat dapat dilihat dengan klik di sini.

#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif