Kolaborasi Kombel: Pembelajaran Terdiferensiasi Berbasis TIK Secara Adaptif


Sebuah kehormatan untuk menjadi narasumber dalam pelatihan dengan tema "Praktik Pembelajaran Terdiferensiasi Berbasis TIK Secara Adaptif" yang diselenggarakan oleh KKG Gugus 3 Balikpapan Tengah. Sebagai ketua KKG, saya merasa sangat antusias untuk berbagi pengalaman serta praktik terkait penerapan pembelajaran terdiferensiasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam sesi pertama, saya memulai dengan membahas konsep dasar pembelajaran terdiferensiasi dan mengapa pendekatan ini sangat relevan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Saya menjelaskan peran penting TIK dalam memungkinkan guru untuk mengatasi perbedaan kemampuan dan kebutuhan siswa. Kami berdiskusi tentang berbagai alat dan platform TIK yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran terdiferensiasi.

Sesi kedua adalah inti dari pelatihan, di mana saya membagikan contoh nyata praktik pembelajaran terdiferensiasi yang telah saya terapkan dalam pengajaran. Saya mengilustrasikan bagaimana TIK dapat digunakan untuk merancang materi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kecepatan dan minat siswa. Para peserta pelatihan sangat antusias dan berbagi pengalaman serta tantangan yang mereka hadapi dalam upaya menerapkan pembelajaran terdiferensiasi dalam lingkungan mereka.

Dalam sesi terakhir, kami menjelajahi cara mengatasi kendala yang mungkin timbul, seperti aksesibilitas TIK dan perbedaan perangkat. Kami juga membahas pentingnya melibatkan siswa dalam proses pembelajaran terdiferensiasi dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Setelah pelatihan selesai, para guru merasa lebih siap dan termotivasi untuk mengadopsi praktik pembelajaran terdiferensiasi berbasis TIK dalam Kurikulum Merdeka. Saya merasa bangga dan terhormat dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Gugus 3 Balikpapan Tengah, dan saya berharap pengalaman saya sebagai narasumber dapat membantu guru-guru kami mencapai hasil yang lebih baik dalam pendidikan. 


@kemdikbud.ri
@ditjen.gtk.kemdikbud
@ditjen.paud.dikdasmen
@ditpsd
@kurikulum.merdeka
@pustekkom_kemdikbud
@pembatik.kemdikbud

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif