Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK


Vlog pembatik dapat dilihat dengan klik di sini.

Pembelajaran Berbasis TIK yang Adaptif adalah cara jitu dalam Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar. Pada pembelajaran di kelas,  saya melakukan praktik baik yang disebut dengan Belajar KEREN. KEREN merupakan akronim dari Kreatif, Relevan dan Menyenangkan.

Dalam melaksanakan belajar KEREN, saya memanfaatkan ragam platform teknologi sesuai dengan kebutuhan murid dan kondisi sarana prasarana di satuan pendidikan saya.

Salah satunya adalah implementasi kurikulum merdeka dalam kegiatan P5 dengan judul Pelajar Anti rokok, miras dan narkoba. Tahapan projek profil yang dilakukan berbasis TIK yang adaptif, di antaranya:

  1. Tahap assemen awal dengan memanfaatkan fitur Asesmen Murid Platform Merdeka Mengajar.
  2. Tahap pengenalan, Saya menyiapkan ragam materi berupa video, audio, dan tulisan yang dapat diakses oleh murid untuk memahami materi projek.
  3. Tahap kontekstualisasi, murid melakukan wawancara kepada teman sebaya, guru dan kepala sekolah, serta tokoh masyarakat mengenai keterkaitan materi projek dengan kondisi/kearifan lokal daerah mereka.
  4. Tahap Aksi, murid bersama kelompoknya merancang dan membuat kampanye bahaya rokok, miras dan narkoba dalam bentuk poster, infografis atau video dengan memanfaatkan Canva for Education.
  5. Tahap Berbagi, murid menyampaikan konten kampanye mereka dengan memanfaatkan Youtube dan media sosial tik tok dan instagram.
  6. Tahap Evaluasi, murid menguatkan kembali pemahaman mereka memanfaatkan Quizizz dan Kahoot untuk asesmen yang menyenangkan.

Praktik Baik pemanfaatan TIK yang adaptif ini kemudian saya bagikan kepada rekan guru baik di sekolah, di daerah hingga nasional. Saya melakukan 10 kegiatan berbagi tatap muka dan 5 kegiatan berbagi tatap maya.

Kegiatan Tatap Maya:

  1. Webinar Etam Kayuh Bebaya Saatnya Menyapa Sahabat Teknologi (SAMPE) Kalimantan Timur, berkolaborasi dengan Sahabat Teknologi Kalimantan Timur dan Balai Guru Penggerak Kalimantan timur.
  2. Webinar Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK yang Adaptif berkolaborasi dengan Sahabat Teknologi Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Timur.
  3. Webinar Belajar Indramayu Bermartabat dengan Topik “Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif” berkolaborasi dengan IGI Kabupaten Indramayu.
  4. Webinar Cerdas Pembatik Timur Indonesia berkolaborasi dengan Sahabat Teknologi Maluku, Sulawesi Tenggara dam Papua.
  5. Webinar Etam Kayuh Bebaya berkolaborasi dengan Balai Guru Penggerak Kalimantan Timur.

Kegiatan Tatap Muka:

  1. IHT Pemanfaatan Quizizz dan Canva For Education di SDN 011 Balikpapan Tengah
  2. Praktik Pembelajaran Terdiferensiasi Berbasis TIK Secara Adaptif di KKG Gugus 3 Balikpapan Tengah
  3. Pemanfaatan PMM dalam Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka di KKG Gugus 2 Balikpapan Utara
  4. Pemanfaatan PMM untuk Pembelajaran di MGMP IPS SMP Kota Bontang
  5. IHT Praktik Asesmen dalam Kurikulum Merdeka di SDN 019 Balikpapan Barat
  6. IHT Praktik Asesmen dalam Kurikulum Merdeka di SDN 001 Balikpapan Barat
  7. IHT Peningkatan Komunitas Belajar Satuan Pendidikan dengan PMM di SDN 009 Balikpapan Utara
  8. IHT Pemanfaatan PMM untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Literasi Siswa di SDN 004 Balikpapan Utara
  9. IHT Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SDN 018 Balikpapan Utara
  10. Praktik Baik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di KKG Gugus 3 Balikpapan Utara

Saya terlibat sebagai penulis modul Penerapan dan narasumber ToT Program Kayuh Bebaya Tuntaskan Aksi Nyata (Kabaya Sinta) yang merupakan program inovasi dari Balai Guru Penggerak Kalimantan Timur. Saya juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Platform Merdeka Mengajar dan juga Kemendikbudristek RI. 



#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif