IHT: Tips Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Pada suatu hari cerah, saya mendapat kesempatan istimewa untuk menjadi narasumber dalam acara In House Training (IHT) dengan tema "Merancang Modul Ajar dengan Memanfaatkan TIK" yang diselenggarakan oleh SDN 018 Balikpapan Utara. Acara ini dihadiri oleh para guru dan staf sekolah yang sangat bersemangat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Dalam sesi pertama, saya memulai dengan membahas pentingnya modul ajar dalam pendekatan Kurikulum Merdeka, di mana fleksibilitas dalam pembelajaran menjadi kunci. Saya juga menguraikan peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam memperkaya modul ajar, salah satunya dengan AI. Kami berdiskusi tentang alat-alat TIK yang dapat digunakan untuk membuat dan memodifikasi modul ajar, seperti platform pembelajaran daring dan perangkat desain grafis.

Pada sesi kedua, saya memberikan contoh konkret tentang bagaimana saya telah berhasil membuat atau memodifikasi modul ajar menggunakan TIK dalam praktek pengajaran saya. Saya menjelaskan langkah-langkah mulai dari perencanaan hingga implementasi, termasuk cara membuat modul yang interaktif, mendukung beragam gaya belajar, dan memotivasi siswa. Para guru di SDN 018 Balikpapan Utara sangat tertarik dengan konsep ini dan banyak bertanya tentang strategi yang lebih efektif dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Sesi terakhir kami dedikasikan untuk mengatasi hambatan yang mungkin timbul dalam merancang modul ajar berbasis TIK. Kami membahas solusi-solusi untuk kendala aksesibilitas TIK dan juga menggarisbawahi pentingnya mengukur efektivitas modul ajar yang telah dibuat. Ketika IHT berakhir, para peserta merasa lebih siap dan termotivasi untuk menerapkan praktik merancang modul ajar dengan memanfaatkan TIK dalam Kurikulum Merdeka. Saya merasa sangat senang dan terhormat bisa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di SDN 018 Balikpapan Utara dan berharap pengalaman saya sebagai narasumber dapat membantu para guru dalam memberikan pendidikan yang lebih baik bagi siswa-siswa mereka.

@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif