Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif
Dalam melaksanakan pembelajaran diferensiasi pendidik perlu memperhatikan tiga strategi pembelajaran yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Ketiga strategi tersebut tidak harus dilakukan dalam satu kali pembelajaran. Pendidik dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
Diferensiasi konten berkaitan dengan ragam materi yang
disiapkan sesuai dengan minat atau gaya belajar peserta didik. Diferensiasi
proses tentang cara mengajar oleh pendidik yang berpihak pada peserta didik.
Dan diferensiasi produk tentang performa atau luaran yang akan dihasilkan
peserta didik sesuai dengan minat mereka.
Konten tetap harus
berhubungan dan topik yang sedang dipelajari. Pendidik dapat melakukan
diferensiasi konten dengan cara bentuk penyajian yang beragam atau membedakan
tingkat kesulitannya. Pendidik juga merancang bahan ajar yang beragam dan
relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Contohnya bahan ajar audio visual berupa video pembelajaran atau
tulisan/artikel untuk peserta didik dengan gaya belajar visual. Peserta didik
dengan gaya belajar kinestetik dapat diberikan lembar pengamatan langsung ke
lingkungan sekitar, percobaan sederhana dan sebagainya. Bahan ajar berupa siniar/podcast
untuk peserta didik auditori. Namun, pendidik perlu membebaskan setiap peserta
didik untuk mempelajari jenis bahan ajar yang mereka pilih, tidak diharuskan
berdasarkan gaya belajar mereka.
Saya melakukan adaptasi TIK dalam pembelajaran, salah satunya dengan praktik diferensiasi konten dimulai dari ice breaking menggunakan video di Youtube, bahan materi berupa audio video juga saya ambil dari Youtube. Bahan ajar artikel saya mengambil dari artikel konten pembelajaran kompas.com, juga bahan ajar audio dalam bentuk siniar/podcast dari platform Spotify.
@kemdikbud.ri
@ditjen.gtk.kemdikbud
@ditjen.paud.dikdasmen
@ditpsd
@kurikulum.merdeka
@pustekkom_kemdikbud
@pembatik.kemdikbud
#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Komentar
Posting Komentar