Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif

 


Video praktik pembelajaran dapat dilihat dengan klik di sini.

Pembelajaran terdiferensiasi dapat diartikan sebagai pembelajaran yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan, bakat, minat dan kebutuhannya sehingga mereka bisa menikmati pengalaman belajarnya.  

Dalam melaksanakan pembelajaran diferensiasi pendidik perlu memperhatikan tiga strategi pembelajaran yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Ketiga strategi tersebut tidak harus dilakukan dalam satu kali pembelajaran. Pendidik dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.


Diferensiasi konten berkaitan dengan ragam materi yang disiapkan sesuai dengan minat atau gaya belajar peserta didik. Diferensiasi proses tentang cara mengajar oleh pendidik yang berpihak pada peserta didik. Dan diferensiasi produk tentang performa atau luaran yang akan dihasilkan peserta didik sesuai dengan minat mereka.

Konten tetap harus berhubungan dan topik yang sedang dipelajari. Pendidik dapat melakukan diferensiasi konten dengan cara bentuk penyajian yang beragam atau membedakan tingkat kesulitannya. Pendidik juga merancang bahan ajar yang beragam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

Contohnya bahan ajar audio visual berupa video pembelajaran atau tulisan/artikel untuk peserta didik dengan gaya belajar visual. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik dapat diberikan lembar pengamatan langsung ke lingkungan sekitar, percobaan sederhana dan sebagainya. Bahan ajar berupa siniar/podcast untuk peserta didik auditori. Namun, pendidik perlu membebaskan setiap peserta didik untuk mempelajari jenis bahan ajar yang mereka pilih, tidak diharuskan berdasarkan gaya belajar mereka.

Saya melakukan adaptasi TIK dalam pembelajaran, salah satunya dengan praktik diferensiasi konten dimulai dari ice breaking menggunakan video di Youtube, bahan materi berupa audio video juga saya ambil dari Youtube. Bahan ajar artikel saya mengambil dari artikel konten pembelajaran kompas.com, juga bahan ajar audio dalam bentuk siniar/podcast dari platform Spotify.


@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif