IHT: Praktik Asesmen yang Menyenangkan


Saya mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk menjadi narasumber dalam acara In House Training (IHT) yang diadakan oleh sekolah saya sendiri, SDN 011 Balikpapan Tengah. Tema acara tersebut adalah "Pemanfaatan Quizizz untuk Asesmen yang Menyenangkan," dan saya sangat bersemangat untuk berbagi pengalaman serta praktik penerapan asesmen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Kurikulum Merdeka.

Pada sesi pertama, saya memulai dengan membahas konsep asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang memberikan kebebasan dan kreativitas dalam pembelajaran dan penilaian. Kemudian, saya memperkenalkan platform Quizizz sebagai alat yang bisa digunakan untuk membuat asesmen yang menyenangkan dan interaktif. Para guru dan staf sekolah sangat tertarik dengan konsep ini dan ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengimplementasikannya.


Sesi kedua kami lebih mendalam, di mana saya membagikan contoh nyata praktik penerapan Quizizz dalam pembelajaran. Saya menunjukkan cara membuat kuis online yang menarik dan mengundang partisipasi siswa, serta bagaimana melihat hasil asesmen untuk mengukur pemahaman siswa. Para peserta sangat antusias dan aktif dalam mencoba sendiri dan berbagi ide-ide untuk memperkaya pengalaman asesmen di kelas mereka.

Dalam sesi terakhir, kami membahas tantangan yang mungkin muncul dalam pemanfaatan Quizizz, seperti ketersediaan akses internet dan perangkat. Kami juga menggali cara memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa berdasarkan hasil asesmen. Setelah acara IHT selesai, para guru dan staf sekolah merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk memanfaatkan Quizizz dalam Kurikulum Merdeka. Pengalaman saya sebagai narasumber dalam acara ini sangat memuaskan, dan saya berharap praktik asesmen berbasis TIK ini akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 011 Balikpapan Tengah. 

@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif