Kolaborasi Kombel: Memanfaatkan PMM untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

Pada tanggal 14 Oktober 2023, saya memiliki kesempatan luar biasa untuk menjadi narasumber dalam pelatihan dengan tema "Pemanfaatan PMM dalam Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka." Pelatihan ini diselenggarakan oleh KKG Gugus 2 Balikpapan Utara. Saya sangat bersemangat untuk berbagi pengalaman dan praktik terkait dengan tips menyelesaikan aksi nyata Pelatihan Mandiri (PMM).

Dalam sesi pertama, saya membahas konsep dasar PMM dan mengapa ini menjadi alat yang sangat berharga dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Saya menjelaskan bagaimana PMM dapat memberikan guru fleksibilitas untuk merancang pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Kami juga membahas manfaat PMM dalam mengembangkan keterampilan pedagogis dan kolaborasi antar guru.

Sesi kedua adalah inti dari pelatihan, di mana saya membagikan tips dan praktik terbaik untuk menyelesaikan aksi nyata PMM. Saya menyoroti pentingnya menetapkan tujuan yang jelas, merencanakan tindakan yang konkret, dan memantau kemajuan. Para peserta pelatihan sangat antusias dan berbagi pengalaman mereka dalam mengejar aksi nyata PMM, serta berdiskusi tentang hambatan dan cara mengatasinya.



Pada akhir pelatihan, suasana penuh semangat dan motivasi terasa begitu kuat. Para guru di KKG Gugus 2 Balikpapan Utara merasa lebih siap untuk menerapkan PMM dalam praktek sehari-hari mereka dan lebih efektif mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Saya merasa bangga bisa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di wilayah kami, dan saya berharap pengalaman saya sebagai narasumber dapat membantu guru-guru kami mencapai hasil yang lebih baik dalam pembelajaran mereka. 

@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif