IHT: Diskusi Seru di SDN 019 Balikpapan Barat


Saya mendapat kesempatan emas untuk menjadi narasumber dalam acara In House Training (IHT) dengan tema "Praktik Asesmen dalam Kurikulum Merdeka" yang diselenggarakan oleh SDN 019 Balikpapan Barat. Acara ini sangat dinanti-nantikan oleh para guru dan staf sekolah, dan saya merasa senang dan terhormat bisa berbagi pengalaman serta praktik penerapan asesmen dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Pada sesi pertama, saya memulai dengan membahas esensi asesmen dalam Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan dan kreativitas dalam proses pembelajaran dan penilaian. Saya menggarisbawahi peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam memudahkan asesmen berbasis TIK yang lebih interaktif dan relevan. Kami berdiskusi tentang alat dan platform yang dapat digunakan untuk membuat asesmen yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Dalam sesi kedua, saya berbagi contoh nyata praktik asesmen berbasis TIK yang telah saya terapkan dalam pengajaran. Saya memperlihatkan cara membuat kuis online, tugas daring yang menarik, dan ujian berbasis komputer dengan memanfaatkan berbagai platform TIK. Para guru dan staf sekolah sangat antusias dan aktif dalam berdiskusi, mengungkapkan minat mereka untuk menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran dan penilaian.

Sesi ketiga kami fokus pada tantangan dan solusi dalam menerapkan asesmen berbasis TIK dalam Kurikulum Merdeka. Kami membahas cara mengatasi kendala aksesibilitas dan bagaimana memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka dalam perkembangan akademik mereka.



Saat acara IHT berakhir, suasana penuh semangat terasa di seluruh ruangan. Para peserta merasa lebih siap dan termotivasi untuk menerapkan praktik asesmen dalam Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan teknologi. Saya merasa sangat bersyukur bisa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di SDN 019 Balikpapan Barat, dan saya berharap pengalaman saya sebagai narasumber dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. 

@kemdikbud.ri

@ditjen.gtk.kemdikbud

@ditjen.paud.dikdasmen

@ditpsd

@kurikulum.merdeka

@pustekkom_kemdikbud

@pembatik.kemdikbud


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif