Kolaborasi Kombel: Ngomong Seru Tentang Asesmen

Pada tanggal 9 Agustus 2023, saya memiliki kesempatan istimewa menjadi narasumber dalam Pelatihan Penerapan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Balikpapan Tengah. Acara ini sangat relevan karena asesmen merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Saya sangat senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dalam merancang asesmen yang sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum terbaru ini.

Selama pelatihan, saya membahas konsep-konsep dasar tentang asesmen dalam Kurikulum Merdeka, termasuk pentingnya asesmen berbasis kompetensi dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Saya juga memberikan panduan praktis tentang bagaimana merancang dan melaksanakan asesmen yang relevan dan bermakna. Para guru di KKG Gugus 1 Balikpapan Tengah sangat aktif dalam diskusi dan tanya jawab, mereka benar-benar ingin memahami konsep-konsep ini untuk meningkatkan pengajaran mereka.



Salah satu momen yang paling mengesankan adalah ketika beberapa guru berbagi pengalaman mereka dalam mencoba metode asesmen baru di kelas. Mereka menceritakan bagaimana asesmen berbasis proyek dan portofolio telah membantu siswa mereka untuk lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Saya sangat terkesan dengan semangat dan dedikasi para guru ini untuk mengadaptasi praktik pengajaran mereka sesuai dengan perubahan dalam kurikulum.

Saya merasa sangat bersyukur atas kesempatan ini dan percaya bahwa guru-guru di KKG Gugus 1 Balikpapan Tengah akan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam pelatihan ini dalam pembelajaran mereka sehari-hari. Semoga hal ini akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan pendidikan di daerah tersebut dan membantu siswa-siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka dalam belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif