Kolaborasi Kombel: Memperkuat Pemahaman Pembelajaran Terdiferensiasi


Pada tanggal 26 September 2023, saya merasa sangat bersemangat karena memiliki kesempatan untuk menjadi narasumber dalam In House Training Pembelajaran Terdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMA Kota Balikpapan. Acara ini menjadi penting karena pendidikan agama Islam merupakan salah satu aspek yang tak terpisahkan dari implementasi Kurikulum Merdeka. Saya merasa terhormat dapat berbagi pengetahuan dan wawasan saya dalam mengembangkan pembelajaran terdiferensiasi yang relevan dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Selama pelatihan, saya membahas konsep-konsep dasar pembelajaran terdiferensiasi dan bagaimana mereka dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI. Saya juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana merancang materi pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Para guru PAI dari SMA Kota Balikpapan sangat antusias dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran terdiferensiasi.



Salah satu momen yang sangat mengesankan adalah ketika beberapa guru berbagi pengalaman mereka dalam mencoba strategi pembelajaran terdiferensiasi di kelas. Mereka menceritakan bagaimana pendekatan ini telah membantu siswa-siswa mereka untuk lebih terlibat dalam pembelajaran PAI dan meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama Islam. Saya merasa sangat bangga melihat seberapa berkomitmen mereka untuk memberikan pendidikan agama yang berkualitas kepada siswa-siswa mereka.

Saya merasa sangat bersyukur atas kesempatan ini dan yakin bahwa guru-guru PAI SMA Kota Balikpapan akan terus mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Semoga ini akan membantu siswa-siswa mereka untuk tumbuh menjadi individu yang memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang agama Islam dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif