Belajar Asyik Dengan Quizizz

Guru mengajak siswa bermain Quizizz
         

         Menurut Pasal 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, menjelaskan bahwa Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.

Sesuai dengan keputusan pemerintah yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, kegiatan belajar dan mengajar harus dilakukan dari rumah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal terdepan harus menanggapi situasi ini dengan tepat dan cepat. Semaksimal mungkin memastikan agar viru
s covid-19 tidak menyebar di lingkungan sekolah. Salah satu langkah efektifnya ialah dengan mengubah pola pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, guru pun dituntut untuk menemukan dan melakukan metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya biasa dilakukan di dalam kelas secara tatap muka langsung, mau tidak mau harus dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dari rumah. Dan harus terjadi secara tiba-tiba. Banyak guru, siswa, dan orang tua yang tidak siap dengan gaya pembelajaran selama masa pandemi ini. Kita harus mengikuti pembelajaran dalam model Belajar Dari Rumah (BDR). Ada pun kendala yang berasal dari peserta didik sendiri, misalnya kesulitan berkonsentrasi belajar di rumah dan mengeluhkan beratnya penugasan soal dari guru. Ketiadaan interaksi dan komunikasi langsung antara pendidik dan peserta didik, mengakibatkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan efektif.

Masa sekarang gawai bukan lagi menjadi kebutuhan tersier, apalagi di masa pandemi. Hal ini dapat kita saksikan di kehidupan sehari-hari, bahwa hampir segala usia telah memiliki dan menggunakan gawai. Mulai dari anak kecil hingga orang tua mengenal dengan baik penggunaan gawai. Oleh karena itu, gawai dapat menjadi media pembelajaran yang tepat dan cukup efektif digunakan saat pembelajaran jarak jauh.

Proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksankan dengan efekftif dan efisien meski secara daring. Penilaian pun dilakukan dari jarak jauh. Bahkan, sekarang sudah banyak berbagai aplikasi yang menunjang pembelajaran dari rumah. Namun, salah satu masalah yang sering terjadi saat pembelajaran jarak jauh adalah siswa menjadi bosan karena hanya duduk di depan gawai atau komputer.

Untuk mengatasi pembelajaran daring yang membosankan, saya menerapkan inovasi pada kelas 4A SDN 011 Balikpapan Tengah. Saya mengemas pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan quizizz.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga lebih dari empat pilihan jawaban, termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Juga memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Dalam penggunannya, quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat tugas-tugas latihan untuk pekerjaan rumah (PR). Siswa dapat memainkannya kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Mengerjakan soal-soal dengan quizizz ini, siswa akan merasa tertantang karena setiap siswa mendapat skor nilai berbeda-beda sesuai dengan menjawab secara cepat dan tepat. Selain itu akan ada kompetisi antar siswa, karena quizizz menampilkan peringkat yang langsung antar peserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.

Mulanya guru mengikuti pelatihan menggunakan aplikasi quizizz. Pelatihan secara daring itu dilaksanakan selama tiga hari. Setelah itu, guru mulai membuat akun. Guru membuat kuis-kuis di dalam quizizz yang akan dikirimkan kepada siswa.

Langkah selanjutnya ialah guru mengenalkan tentang quizizz ke siswa dan juga orang tua dalam bentuk pelatihan singkat. Pelatihan yang dilaksanakan secara tatap maya itu diikuti oleh semua siswa kelas 4A. Setelah memastikan setiap siswa memahami dan mampu menggunakan aplikasi quizizz, guru mulai menggunakannya dalam pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran dimulai secara daring dengan google meeting. Seperti biasa, guru menyapa siswa dan melakukan apersepsi awal. Guru juga memotivasi siswa agar tetap bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Lalu guru mulai menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

Setelah menyampaikan materi, guru kemudian mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan. Di langkah inilah guru mulai menggunakan aplikasi quizizz. Soal-soal yang disiapkan guru, kemudian dikirim tautan kepada siswa. Siswa mulai masuk satu per satu ke dalam permainan quizizz. Setelah beberapa menit, guru memulai permainan. Selama permainan berlangsung, siswa sangat antusias dan merasa senang.

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat menyontek dengan temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui peringkat yang dia peroleh dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakan.

Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada pemeringkatan otomatis, kemudian quiziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan yang diberikan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta persentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa. Selain itu sebenarnya, hasil quiz setiap siswa dapat disampaikan ke orang tua siswa melalui surat elektronik/e-mail.

Penggunaan quizizz dalam pembelajaran ini sangat disambut positif oleh siswa dan orang tua. Siswa merasa sangat senang karena pengerjaan tugas-tugas dikemas dalam bentuk permainan. Sangat sesuai dengan perkembangan siswa yang pada usia sekarang adalah sangat senang bermain dan berkompetisi. Selain siswa, orang tua juga merasa quizizz dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa. Mereka dapat belajar dengan riang dalam bentuk permainan.

#PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK202 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022  #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vlog Pembatik 2023: Belajar KEREN Berbasis TIK

Belajar KEREN Berbasis TIK yang Adaptif

Praktik Diferensiasi Konten Berbasis TIK yang Adaptif