Praktik Digitalisasi Pembelajaran di Kelas
Walaupun peserta didik di sekolah saya belum diperbolehkan membawa gawai karena mempertimbangkan kematangan sikap peserta didik SD yang belum mampu mengelola pemanfaatan gawai dengan baik (untuk belajar dan bermain), saya tetap berusaha memanfaatkan penggunaan teknologi di kelas. Berbekal satu laptop dan LCD proyektor, agar peserta didik dapat mengikuti dan melihat konten yang saya tampilkan.
Kegiatan dimulai dengan peserta didik menyimak materi tertulis tentang pecahan. Saya menggunakan fitur perangkat ajar yang ada di PMM. Saya menggunakan bahan ajar karya sendiri yang sudah terbit di fitur Perangkat Ajar PMM, karena saya termasuk salah satu Kontributor Perangkat Ajar. Perangkat ajar yang saya buat adalah berbentuk bahan ajar yang dibaca bersama oleh peserta didik.
Bahan ajar "Apa Sih Pecahan Itu?" karya saya dari aplikasi Merdeka Mengajar dengan klik di sini.
Selain berbentuk tulisan, saya menggunakan konten berupa video pembelajaran. Pelajaran kemudian dilanjutkan dengan menyimak materi berupa video pembelajaran karya saya sendiri yang telah diunggah di fitur Sumber Belajar pada portal Rumah Belajar.
Video pembelajaran Jenis Pecahan karya saya di Rumah Belajar dapat diakses dengan klik di sini.
Pada mata pelajaran Bahasa Inggris, saya memanfaatkan fitur Edugame yang ada di Rumah Belajar. Peserta didik sangat antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran hari ini. Edu Game yang dimainkan oleh peserta didik adalah Smart Shopping.
Edugame Smart Shopping di Rumah Belajar dapat digunakan dengan klik di sini.
Komentar
Posting Komentar